Skip to content
Banner image

Retrospektif 2023

Authored on December 31, 2023 by Aaron Christopher.

7 min read
--- views

Perkenalan

Sudah saatnya lagi, akhir tahun 2023, 123123. Gila bener perjalanan yang sudah saya alami. Saya akan melakukan retrospektif untuk tahun ini; benar-benar salah satu tahun yang pernah ada.

Semester terakhir di Uni

Stress banget gan pas di semester terakhir, karena saya juga sambil ngerjain beberapa pekerjaan, yang bakal saya jelasin di bagian berikutnya. Wow, bener-bener gilak, guys. Awalnya, saya bener-bener ga paham tentang Tugas Akhir saya sendiri. Omong-omong, judulnya adalah "Sistem Data Sharing Berbasis Blockchain Untuk Audio Player di Metaverse". Judulnya rada-rada gimana gitu buat saya, dan bukan cuma itu, saya juga tidak punya resource buat ngerjainnya. Buat ngerjain Tugas Akhir ini, saya perlu menggunakan Unreal Engine 5 coy, dan saya cuma punya laptop kentang yang bahkan buat main GTA IV aja udah batuk-batuk.

Tugas akhir saya

Topiknya tentang blockchain, nah ini saya ngga pernah belajar sebelumnya. Terus, ini penerapannya di metaverse yang mana bakalan make Unreal Engine 5. Untungnya di lab kampus saya, ada PC yang ngga kepakai yang punya jeroan RTX 2070 Super, mantap banget buat projek ini. Terus, saya mencoba untuk mengontrol PC-nya secara remote pake NoMachine lewat VPN univ saya.

Ngelag banget bro, bikin emosi aja awokwok. Jadi saya browsing di internet terus nemu tuh ZeroTier. Lalu saya mengatur PC dan laptop saya pake itu, dan masih ngelag sih, tapi lebih mendingan dari sebelumnya. Meski begitu, saya masi bingung cara ngerjain tugas akhirnya.

Saya riset di internet dan nanyain beberapa orang di Discord tentang library yang saya mau gunakan, dan untungnya mereka jawab dengan benar, dan sesuai dengan harapan dan itu ngebantu banget, 1000 terima kasih pun ga cukup buat mereka. Bahkan seseorang sampe buat video YouTube tentang itu. Nah ini melancarkan jalan saya untuk menyelesaikan tugas akhir tepat waktunya. Saya mengerjakan tugas akhir ini berbarengan dengan kerjaan lain juga yang bakal dijelaskan berikutnya.

Kerjaan

Mulai tahun ini, saya sudah bekerja di beberapa perusahaan, terutama Komunal Indonesia, dan saya magang di Apple Developer Academy @UC juga. Ada kerjaan lain juga dalam bentuk part-time ataupun freelance yang tidak saya ceritakan disini, karena beberapa hal.

Komunal Indonesia

Saya dikontak oleh HR dari Komunal Indonesia. Awalnya, saya ragu buat gabung, tapi ya saya kasih kesempatan aja soalnya saya tertarik dengan tech stack mereka yakni TypeScript, kan saya suka tuh. Setelah user interview, saya diterima, tapi karena belum lulus kuliah jadi dianggap magang. Tapi ya saya lakuin pekerjaaannya dan ngerjain full-stack development pake Nest.js dan React.js, sama sedikit Angular buat ngerjain legacy code. Saya juga belajar banyak tentang SQL karena saya menulis SQL yang cukup berat untuk tim Business Intelligence, ngebantu mereka untuk buat laporan. Setelah lulus kuliah, status saya berubah dari magang ke associate.

Selama saya di komunal, saya berkecimpung di beberapa tanggung jawab. Nah ini termasuk juga dengan ngerjain tugas akhir, berpartisipasi di program-program yang ada di Apple Developer Academy, dan nge-manage beberapa komitmen lain. Buat nyeimbangin tugas-tugas ini memang susah banget, dan ya bikin capek juga. Tapi ya hal-hal kayak gini cukup membantu untuk meningkatkan profesionalitas saya sendiri. Tantangan yang saya dapat ini ngga cuma meningkatkan skill time management saya tapi juga memberikan insight-insight yang berkontribusi juga untuk perkembangan saya menjadi pribadi yang lebih tangguh dan profesional, cie.

Apple Developer Academy

Wah saya seneng banget coy waktu dapet berita kalo saya diterima menjadi bagian dari Apple Developer Academy. Momen ini ngga hanya bikin seneng aja tapi buat saya mikirin hidup juga, gara-gara alasan yang pernah saya singgung sebelumnya, awikwok. Walaupun begitu, saya tetap mengambil kesempatan ini, nyiapin segala hal buat persiapan. Pas nerima invitation resminya tuh saya seneng banget coy dan tidak terlupakan juga.

preface-ada

Saya dapet device baru yang keren banget, yaiyalah, yang itu adalah MacBook Pro M2 13 inch. Performanya tuh, bener-bener jauh kalo dibandingin sama laptop lama saya. Bedanya udah kayak bumi sama langit bjir geloo. Keren banget, dan lega banget sih apalagi di laptop lama tuh sering batuk-batuk kalo ngoding. Dengan RAM 16 gb nih saya bisa multitasking, buka tab VSCode banyak banget, terus ngerjain task jadi jauh lebih cepet, pokoknya kompor gas, deh.

Ekosistem Apple juga manteb banget kalo punya device-device nya. Saya dipinjamkan iPhone 14 dan Apple Watch SE 2, jadi ya sangat mantab experience-nya. Sinkronisasi antara MacBook, iPhone, dan Apple Watch membuat workflow saya menjadi lebih efisien. Terus nih make hp baru tuh bisa buat main Genshin Impact dengan smooth jadi makin enjoy lah main game-nya.

Saya juga dapet temen baru dan belajar banyak selama disini. Rumah saya kan di surabaya timur ya, dan Universitas Ciputra tuh di surabaya barat ujung, jadi tiap hari saya ngehabisin 2 jam untuk pulang dan pergi. Capek juga sih tapi worth it lah.

Saya juga pengen ngasih tau tentang salah satu projek saya disini. Keren banget sih menurut saya.

Moco Kids

Waktu saya di fase Macro Challenge, semacam final project-nya Apple Developer Academy, saya membentuk tim yang isinya 6 orang, terdiri dari 4 coder, 1 designer dan 1 project manager. Mereka nih keren banget. Saya beruntung bisa menjadi bagian dari mereka. Kami memutuskan untuk membuat sebuah game untuk mengatasi masalah dari bocah yang ga bisa memahami bacaan walaupun mereka sebenarnya sudah bisa membaca.

Ide utamanya adalah menggunakan konsep buku cerita, dan itu adalah konsep yang kami gunakan hingga akhir. Pas tahapan pengembangan pertama, kami menyertakan beberapa minigame di beberapa halaman ceritanya. Minigame ini isinya ya seperti menemukan balon dengan warna yang benar, mencari madu yang tersembunyi, dan juga pake Object Detection buat nyari benda yang diminta, seperti kursi.

Kami menerima feedback selama proses User Testing, dan ini membuat kami nambahin mekanik game baru, bukan adu mekanik ya. Diantaranya adalah Maze game, yang gerakin playernya make giroskop jadi digoyang-goyang gitu, dan juga dunia interaktif AR buat permainan yang lebih imersif. Kami juga mendapati bahwa bocah-bocah suka aktifitas fisik yang bikin gerak, jadi fitur-fitur ini cukup sukses. Di masa pengembangan akhir, kami memutuskan untuk menambah fitur baru lagi, yakni flash card. User bisa menjawab prompt atau pertanyaan di story dengan nge-scan kartunya, ini membuat pengalaman yang lebih interaktif dan semakin asik.

Aplikasinya udah ada di App Store, terus ya ada websitenya juga coy jadi kalian bisa melihat dan mengetahui lebih banyak tentang Moco ini.

Saya juga pengen berterima kasih kepada member tim yang keren banget, Carissa, Daniel, Azizah, Natasya, dan Vania. Kudos buat kalian karena udah berusaha lebih dan dapat menghasilkan produk yang berkualitas ini. Kesuksesan projek ini tuh merupakan bukti nyata dari kemampuan dan komitmen kalian semua.

moco-team

PC baru

Pas akhir tahun nih, saya ngerakit PC baru dibantu dengan temen-temen saya wkwkwk, Satrio, Ojan, Raka, dan Arshad. Dan ini tuh banger banget. Saya cobain beberapa game triple-A, ga pernah ngelag coy. Spesifikasinya seperti ini:

  • Mobo: ASRock Z790 Pro RS
  • CPU: Intel Core i5 13600K
  • GPU: Nvidia Geforce RTX 4070
  • RAM: Corsair DDR5 Vengeance 2x16GB

Saya menggunakan PC ini buat main game tentu saja dan ngerekam waktu saya main untuk diunggah ke YouTube. Saya juga berencana untuk menggunakan Linux kembali dan ngelakuin hal-hal keren, dan ya bakal nulis blog juga tentang itu. Jadi pastikan kalian mensupport saya dan subscribe ke channel saya wkwkwk. Ini salah satu videonya:

Selanjutnya

Saya bakal bikin blog lagi di 2024, kalo memungkinkan awikwok. Saya juga tetap akan mengembangkan skill saya dan membuat lebih banyak video, harapannya sih bakal menuai keuntungan ya nantinya. Okeeh, sampai jumpa di blog, atau video berikutnya.